How much does love weigh?

How much does revenge weigh?

How much does guilt weigh?

Sumber poster

Satu kejadian bisa mengubah hidup tiga orang yang semula tidak saling mengenal sama sekali. Paul Rivers (Sean Penn), memperoleh kesempatan menghirup udara dunia lebih lama berkat jantung yang dicangkokkan tatkala ia sekarat. Ini berarti harapan baru bagi sang istri, Mary (Charlotte Gainsburg), yang menginginkan bayi meski harus menempuh prosedur lebih rumit karena kondisi Paul. Namun setelah memperoleh donor jantung, Paul justru berubah dan ingin tahu siapa pemilik jantung tersebut.

Hatinya gelisah karena ternyata jantung itu milik Michael Peck, yang tewas dalam kecelakaan bersama kedua putrinya yang masih kecil. Perasaan bersalah yang sama melanda pelaku tabrak lari, Jack Jordan (Benicio del Toro). Jack adalah mantan penjahat kambuhan yang mendekatkan diri pada gereja. Peristiwa ini membuatnya resah dan goyah, meski sang istri mengatakan bahwa tugasnya bukan menjalankan perintah Tuhan melainkan mendampingi keluarga. Justru kedua anak merekalah yang membuat Jack tidak tahan dan makin sukar melupakan perbuatannya terhadap anak-anak Michael dan Christina (Naomi Watts) yang amat terpukul karena kejadian tersebut.

Saya masih terpukau oleh perkataan Christina ketika didesak adiknya menuntut pelaku dan berurusan dengan polisi guna mengusut tabrak lari itu.

Nothing I can do is going to bring them back.

Toh, kepedihan itu tetap terasa berat.

You know what I thought when mom died? I couldn’t understand how you could talk to people again, how you could laugh… again. I couldn’t understand how you could play with us. And no, no that’s a lie, life does not just go on.

Christina menutup diri dalam amarah dan duka, Paul berusaha menemuinya dan yakin dirinya sudah berbeda, sedangkan Jack merasa tak sanggup hidup dihantui perasaan berdosa.

Apakah hidup bisa dikoreksi? Apakah ada saatnya kita bisa mengubah yang sudah terjadi dan meraih kebahagiaan serta ketenteraman kembali? Bagaimana caranya? Demikianlah inti 21 Grams.

Anda yang tidak suka plot non-linear (ulang-alik alias acak-acakan seperti puzzle) bisa jadi pusing menyimak film ini, tapi kami sangat menikmatinya sambil berteka-teki. Setelah tuntas, teracunglah empat jempol.

Sumber tagline dan kutipan

Skor: 5/5

 


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

PREVIOUS ARTICLE

Leave a Reply

  • (not be published)