Sumber cover: omahbuku.com

Komikus: Vbi Djenggotten

Penerbit: Zahira, 2013

Tebal: 136 halaman

 

Ketika memegang sampul komik ini, saya sempat menyangka bagian yang timbulnya adalah stiker:)) Penempatan komposisi yang baik menurut saya, membuat pembaca ingin tahu isinya lebih jauh.

Komik ini menunjukkan sekali lagi, betapa suatu ajaran atau nasihat tidak bisa dimaknai mentah-mentah. Pemahamannya luas, dibutuhkan uraian yang terperinci agar tidak keliru menafsirkan. Yang diangkat adalah isu tersensitif, menurut kacamata saya yang awam, ihwal persepsi jihad dan fobia yang meningkat setelah kasus-kasus bom bunuh diri di berbagai tempat.

Secara menyejukkan namun tegas, disampaikan bahwa jihad bukan berarti bunuh diri. Jelas-jelas itu dilarang dalam Islam. Apalagi jatuh korban yang tidak berdosa. Diterangkan juga jenis-jenis jihad dan tingkatan berikut contohnya. Cukup menohok sedari awal, bahwa setan berseru riang apabila sesama muslim saling memusuhi karena berbeda pemahaman (mungkin pula aliran) dan menunjuk-nunjuk kafir.

Yang paling kami sukai ialah uraian ihwal menjadikan masjid sebagai basis jihad ekonomi (hal. 102-107). Di halaman lain, dilontarkan pula anjuran dan contoh visual orang-orang yang meramaikan masjid. Penampilan tidak jadi “sandungan” untuk shalat berjamaah, termasuk yang nge-punk sekalipun. Jempol.

Kendati bahasannya serius dan tentu digarap serius pula, tidak ketinggalan ada yang bikin saya senyum-senyum. Yakni halaman 118.

Akhir kata, saya tersentuh karena sering semena-mena pada semut. Semoga saya tidak lagi lupa di kemudian hari.

Mengutip halaman 86,

Serulah (manusia) ke jalan rabb-mu dengan hikmah (lemah lembut) dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.

(Quran, Surat An-Nahl: 125)


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)