Against a black background, a tightly cropped image showing only Catherine Keener's glaring eyes appears above the title "An American Crime" in white. A similarly cropped image of Ellen Page's tear-filled eyes appears below the title, and just above the tagline "The true story of a shocking crime and a secret that wouldn't keep". The two actress's names appear above the two images.

Sumber gambar: wikipedia

Banyak kisah ibu yang inspiratif, ibu yang penuh perjuangan hingga mengharubirukan hati, ibu yang mengajari banyak hal tentang cinta kasih, namun ada juga kisah ibu yang (maaf) menjijikkan.

Saya pernah sangat jeri membaca Sybil, Ugly, dan A Child Called It. Sekarang saya terpaksa merinding ngeri menonton film yang diangkat dari kisah nyata tahun 1966 ini meskipun korban penganiayaan bukan anak kandung si pelaku.

Pelajarannya adalah:

1. Berhati-hati menitipkan anak, terutama pada orang asing.

Punya banyak anak tidak menjadikan Gertrude Baniszewski (Catherine Keener) ibu yang tangguh dan terampil. Ia menyalahkan orang lain dan kondisi, termasuk penyakitnya, atas nasib buruk sehingga merasa perlu melampiaskan pada anak orang lain dalam bentuk kekerasan.

2. Ibu yang ‘sakit’ menghasilkan anak yang ‘sakit’ pula.

Gertrude bukan hanya mengajarkan tindak kekerasan, tetapi juga pembiaran atas perbuatan tidak manusiawi itu sehingga anak-anaknya mencontoh tanpa merasa bersalah.

3. Menerima kenyataan adalah keberanian besar

Ada orang tertentu yang lebih memilih berbohong, bahkan membenarkannya.

Saya tidak tahu harus memberi skor berapa pada film tragis ini, tapi An American Crime memperoleh nominasi Writer’s Guild Award. Kisah nyata penganiayaan Sylvia Likens sampai tewas tersebut juga diadaptasi dalam banyak buku dan film.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ An American Crime (2007) ”

  1. gravatar lita Reply
    September 16th, 2011

    Saya menonton film ini di yutub, dan meringis sendiri. Tidak percaya kalau seorang perempuan, seorang ibu, tega berbuat seperti itu. Stress berat? Atau mungkin dia dirasuki Iblis saat menyiksa Sylvia.
    Dan anak-anaknya…? Ya Tuhan. Bahkan anak-anak tetangganya… mereka itu… kenapa ya?
    Kok bisa menyiksa seseorang tanpa berpikir sama sekali. Bagaimana sebenarnya didikan orang tua mereka.

    Jujur saya ketakutan sekali menontonnya. Menangis sewaktu Sylvia akhirnya meninggal. Dan bersorak ketika Getrude divonis bersalah, setelah pembelaan anehnya untuk dirinya sendiri.

    • gravatar admin rinurbad.com Reply
      September 18th, 2011

      Ya, adegan Sylvia meninggal itu paling mengoyak-ngoyak emosi.

Leave a Reply

  • (not be published)