flixster.com

Berkumpul bersama keluarga besar untuk suatu acara penting merupakan semacam reuni pedih yang tak terelakkan. Adakalanya pertemuan sejenis ini tidak menyenangkan, bahkan menyiksa perasaan.

Namun Lynn (Ellen Barkin) tak mungkin absen. Itu hari pernikahan putra sulungnya, Dylan, yang telah lama tak ia temui. Dialog dalam perjalanan dengan anaknya, Elliott (Ezra Miller) menginformasikan bahwa Dylan anak Lynn dari perkawinan terdahulu selain Alice (Kate Bosworth). Alice tinggal bersama Lynn, yang setelah menikah lagi memperoleh Elliott dan Ben.

Memasuki rumah orangtuanya saja sudah berat bagi Lynn. Sang ibu (Ellen Burstyn) sekuat tenaga tidak panik menjaga suaminya yang sakit keras. Saudara-saudara Lynn tampak akrab dan membuka pintu lebar-lebar untuk Patty (Demi Moore), istri Paul (Thomas Haden Church), mantan suami Lynn. Patty yang temperamental itu berkontribusi besar membantu penyelenggaraan pernikahan Dylan yang dianggapnya anak sendiri.

Perbincangan Paul, Patty, dan Lynn menjadikan luka lama terkuak kian lebar. Ketiganya bertengkar mengenai tanggung jawab sebagai orangtua, tidak mau disalahkan atas jarangnya Paul berkomunikasi dengan Alice dan kontak Lynn dengan Dylan yang minim. Lynn sedapat mungkin melindungi Alice yang pencemas dan meluapkannya dengan melukai tubuh sendiri. Ellen Barkin menghidupkan suasana emosional ini dengan sangat baik.

Spoiler Inside SelectShow
.

Lee, suami Lynn, terkesan santai-santai saja sedangkan polah Elliott dan Ben kerap menimbulkan masalah. Elliott mengonsumsi narkoba, baru keluar dari rehabilitasi, dan acap kali melontarkan komentar sinis semisal,

Death is actually a more unifying force within family than love. And that’s a mind-blowing concept.

Saya berkerut kening sambil berusaha mengerti kekeraskepalaan remaja kala Elliott berkilah bahwa di usia 17 tahun, wajar saja merokok dan minum-minum. Di lain pihak, Ben gemar membawa kamera ke mana-mana dan membuat yang lain kesal. Hari bahagia Dylan justru menciptakan ketegangan besar bagi hampir semua orang. Mulailah Lynn berpikir apakah dirinya ibu yang baik. Sang ayah mempertanyakan keacuhtidakacuhan Elliott terhadapnya. Dalam drama yang kuat ini, akting Demi Moore semakin kentara biasa-biasa saja.

Spoiler Inside SelectShow

Film yang kelam, tragis, namun sangat realistis karena mengungkapkan sisi tidak sehat dalam interaksi keberkeluargaan. Dan ada perasaan yang siap meledak jika terlalu lama dipendam. Semua orang harus berusaha sangat keras untuk menciptakan kedamaian dengan menghindari hal-hal yang berpotensi menyinggung, tidak bisa dari satu pihak saja.

Referensi yang berharga untuk saya.

Skor: 4,5/5

Sumber poster: flixster


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)