thelaird

 

[sws_blockquote_endquote align=”” cite=”” quotestyle=”style03″] Watch yer tempers, me dears. Fer if ye dinna, it’ll watch ye. [/sws_blockquote_endquote]

Definisi laird menurut TFD adalah sbb:

[sws_yellow_box box_size=”100″] laird (lârd) n. Scots The owner of a landed estate. [/sws_yellow_box]

 

Generasi muda 90-an mungkin akan langsung terbayang Tuan Baron dalam suatu telenovela terkemuka. Secara fisik, Alexander MacLean tentu saja berbeda. Buat Mas Agus pribadi, hampir sama dengan abangnya di buku terdahulu. Justru Caitlyn-lah yang lain dengan kembarannya yang dikisahkan berkacamata.

Menyunting cerita novel ini makin menyadarkan kita akan beragamnya kultur di dunia. Sependek pengetahuan kami, menurut beberapa etnis di Indonesia, tidak lazim kakak-adik menikah dengan ipar masing-masing. Walau tidak berhubungan darah, bisa dikatakan ipar adalah bagian dari keluarga. Seperti menikahi saudara. Namun bukan berarti tidak boleh, hanya saja secara logika keluarganya jadi “itu-itu saja”.

Dalam penyuntingan, Mas Agus berpegang pada arahan penanggung jawab dan sejumlah poin yang pernah diposting di situ. Bagusnya, novel ini dilampiri silsilah yang bisa menjadi panduan. Catatannya pun tidak terlalu banyak, di antaranya keterangan seperti ini:

 

[sws_red_box box_size=”100″] ga•lau a, ber•ga•lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran)

Maka yang lebih sesuai adalah gun•dah kl a sedih; bimbang; gelisah: sangatlah — kalbu baginda setelah berpisah dng sang putri;  gulana sangat sedih; sedih dan lesu atau re•sah a gelisah; tidak tenang; gugup; rusuh hati [/sws_red_box]

Saya membuat video sederhana di Animoto untuk buku ini, hasilnya seperti di atas.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ Behind The Book: The Laird Who Loved Me ”

  1. gravatar Sinta Reply
    April 25th, 2013

    jadi galau itu bisa diartikan ramai sekali tapi dalam konteks isi kepala ya?

    • gravatar Rini Nurul Reply
      April 26th, 2013

      Sepertinya yang terkait isi kepala itu kacaunya, Sin. Ini definisi KBBI. Mengingat pengertian “galau” sekarang sudah terlalu jauh bergeser, kami memilih padanan lain.

Leave a Reply

  • (not be published)