Awalnya dua hari yang lalu, saya diberitahu teman bahwa ponsel Android yang kami gunakan dapat dijadikan Wi-fi portable. Kami memakai merek dan tipe yang sama meski tidak janjian, yaitu Samsung Galaxy Chat. Langkahnya sbb:

Settings-> Wireless and network-> More settings-> Tethering and portable hotspot-> aktifkan Portable Wi-fi.

Muncullah simbol Wi-fi warna biru di pojok kiri atas, tinggal pencet/towel untuk menyambungkan dengan laptop atau perangkat lain dan menyesuaikan konfigurasinya.

Di laptop saya, muncul sambungan bernama Android AP. Saya masukkan password, coba browsing… kencang juga dibandingkan koneksi dengan Bluetooth misalnya. Karena coba-coba ini, sisa kuota yang tinggal 33 MB langsung tersedot habis. Saya belum sempat coba di laptop Mas Agus, Ceri.

Pikir-pikir, kalau dari ponsel bisa, seharusnya di laptop pun bisa tanpa router. Apalagi sama-sama berlangganan paket XL. Tentu saja yang di ponsel lebih kecil kuotanya. Lalu saya googling dan memutuskan install Wi-fi HotSpot Creator. Silakan google dengan nama program itu sebab saya lupa dari sekian banyak situs, mana sumber download saya.

Ternyata program ini simpel dan mudah. Setelah install, masukkan nama SSID (yang saya pakai Toshiwifi) dan password. Klik Start, tampaklah kelap-kelip di gambar. Wi-fi ponsel saya hidupkan dan sambungkan, tapi anehnya tidak bisa buka apa pun. Dugaan saya jaringan tengah kurang bagus karena cuaca mendung tebal kemarin.

[sws_blue_box box_size=”100″]Catatan: berhati-hatilah sewaktu install program ini. Situs sumber download saya menganjurkan (baca: jual dedet kata orang Sunda) install program-program tambahan yang sebenarnya tidak perlu. Ada empat tambahan, salah satunya Web Space kalau tak salah. Klik Customized Install kemudian buang semua tanda centangnya. Dengan demikian program Hotspot Creator ini tidak tertunggangi. [/sws_blue_box]

Setelah diamati lagi, saya utak-atik dan rupanya kesalahan saya di Internet Sharing. Saya klik No Internet Sharing, pantas saja tidak bisa buka apa pun walau tersambung. Setelah pilih Mobile Broadband Connection, baru deh sukses. Saya bisa hemat kuota internet di ponsel selama laptop menyala.

Sewaktu googling lagi, saya baru tahu bahwa me-wi-fi-kan koneksi di laptop sebenarnya bisa dengan menu bawaan Windows alias dari sananya. Sayangnya, mungkin karena telanjur memakai program tambahan, saya tidak berhasil menerapkan itu. Demikian pula ketika setting Ceri, yang akan saya bahas di postingan selanjutnya agar tidak kepanjangan di sini.

Kata-kata asing tidak semua saya miringkan, sebab tangan saya masih beradaptasi dengan trackpad.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)