Baru sadar dari posternya yang saya pinjam dari flixster.com di atas, lumayan seram juga:D

Sinopsis bisa disimak di tautan tersebut pula.

Bintang hebat bertaburan. Selain Natalie Portman, ada Mila Kunis, Winona Ryder, dan Vincent Cassel yang kerap muncul dalam sejumlah film Prancis. Sedari awal, saya menduga-duga berapa lama Natalie Portman belajar balet, sekiranya ia tidak terlalu menguasai tarian tersebut. Ia tampak muda, naif, dan tertekan dalam persaingan memperebutkan peran Black Swan (sekaligus White Swan) yang disatukan menjadi Swan Queen setelah bintang andalan Beth (Winona) pensiun.

Keistimewaan film ini adalah ruang yang luas bagi penonton berimajinasi. Kondisi Nina yang terobsesi, ketakutan, disuguhkan dengan cara berbeda dengan film-film thriller psikologi sejenis. Kadang saya menaruh iba pada gadis yang terkekang oleh perhatian berlebihan sang ibu, kadang saya gemas karena ia benar-benar “tidak punya kehidupan” dan amat kaku. Ada kalanya, Black Swan mirip film horor sehingga saya sempat menduga ada unsur hantu dan semacamnya di sini.

Menjadi bintang, kendati amat menggiurkan, memang tidak mudah secara mental. Banyak pesan digulirkan dalam film menawan ini, tentang kecantikan fisik, tentang perlunya bersenang-senang demi kesehatan jiwa, tentang tahu kapan harus berhenti dan mengendalikan diri. Seperti kata Thomas (Vincent Cassel) pada Nina,

The only person standing in your way is you.

Saya suka sekali film ini sampai akhirnya, meski kadang meringis karena sejumlah adegan berdarah yang membuat ngilu.

Skor: 4/5

 


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ Black Swan (2010) ”

  1. gravatar sinta Reply
    May 28th, 2012

    Aku pernah nonton nih.
    Ekspresinya natalie portman bikin suram sepanjang liat filmnya, tertekan banget!
    Tarian baletnya sin indah, tapi cerita dibaliknya yang bikin ikutan suram
    Paling ngeri liat kuku jempol Nina yang retak

    • gravatar Rini Nurul Reply
      May 29th, 2012

      Iya Sin, sama pas dia suka garuk-garuk punggung itu.

Leave a Reply

  • (not be published)