Naskah aslinya berjudul Little Lord Fauntleroy. Dugaan saya, editor mengubah judulnya menjadi Ceddie (nama lahir sang Lord kecil) agar mudah diingat oleh pembaca anak-anak.

Editor yang baik hati memberikan petunjuk mengenai perubahan-perubahan, yang kemudian saya lihat dalam ilustrasi komiknya, terhadap cerita asli. Misalnya karakter pengacara kakek Ceddie yang menjadi lebih muda. Demikian pula bentuk rambut Ceddie.

Proses penulisan ulang yang berjalan sekitar sepuluh hari sangat saya nikmati. Jujur, saya belum pernah membaca kisah klasik satu ini. Namun namanya berima dengan satu-satunya dongeng dunia yang saya dengar melalui kaset, Candy Candy (yang dijiplak dengan semena-mena itu:(). Tetapi ada hal-hal menarik yang perlu diteladani dari novel LLF. Karena kedua orangtuanya selalu bersikap penuh kasih sayang satu sama lain, Ceddie pun tak pernah mengucapkan kata kasar. Ia memperlakukan Mary, pengasuhnya, sebagai anggota keluarga.

Keluguan Ceddie pun terlihat saat menghadapi kakek yang semula berniat memisahkan dirinya dengan ibunya. Ia memandang kakeknya sebagai orang berhati mulia, sebab ia tak pernah memahami sifat buruk manusia. Keberanian Ceddie untuk menopang tubuh sang Lord ke meja makan saat makan malam pun menggelikan sekaligus mengharukan. Saya masih ingat komentar polosnya yang jujur, “Kenapa Kakek menggunakan banyak pemanas di musim seperti ini?” Lebih mengagumkan lagi, ibu Ceddie tidak menghasut putranya untuk membenci sang kakek walaupun mertuanya jelas-jelas tidak menyukai dirinya hanya karena ia orang Amerika. Sikap begini barangkali hanya ada dalam dongeng, akan tetapi perlu diperkenalkan terutama kepada pembaca anak-anak mengingat banyaknya permusuhan dan keributan yang ditayangkan di televisi (baca: sinetron).


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)