Sumber gambar

FYI, ini langkah untuk netbook merk Acer. Saya tidak tahu penanganan merk yang berbeda.

Hambatan memakai netbook bagi saya dan Mas Agus sama: layar sempit membuat mata cepat lelah dan kepala cepat pusing. Lalu timbul kesulitan tambahan, saya repot dengan keyboard-nya yang terlalu rapat sehingga salah ketik dan memerlukan keyboard eksternal. Sedangkan Mas Agus sering menyenggol mouse built-in-nya yang di ujung tengah sehingga terlompat-lompat waktu mengetik.

Ketika akhirnya senggang, yang saya lakukan adalah mencari tahu dulu nama perangkat tersebut. Mouse internal? Tak ada. Pencarian google jadi ‘tersesat’. Setelah melihat Control Panel Ceri (laptop yang juga pernah di-disable perangkat mouse sentuhnya), ternyata namanya Synaptic TouchPad. Alhamdulillah, googling-nya lebih tepat sasaran.

Kendala kami adalah, pada netbook yang diberi nama Cerah ini, tidak ada Device Settings. Saya cari-cari dengan kata kunci ‘Device Settings Windows 7’, nihil sampai beberapa halaman ke belakang.

Akhirnya saya pakai ‘disable Synaptic Touchpad Windows 7’ dan keluarlah saran dalam forum ini. Nah, lho. Bagaimana cara mencari registry di Win 7? *ingat iklan TV antara ayah dan anak India* Rupanya langsung ketik di search. Jreng, jreng, apa yang ditunjukkan dalam langkah forum tadi tidak ada.

Saya coba langkah lain yang disarankan di situ, sebab memang di daftar Programs tidak ada software atau driver Synaptic tadi. Entah disembunyikan atau memang menu Win 7, yang sejak dahulu membuat kami bingung. Saya download driver-nya di sana, restart netbook, langsung muncul menu disable-nya. Beres:D


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)