Ketika memakai Windows 7, saya merasa “sendirian” alias tak ada tempat bertanya. Rata-rata kenalan dan kerabat menggunakan XP. Baiklah, saya tengok Google saja.

Seperti inilah posisinya

Sumber gambar: priceindia.org

Persoalannya adalah senggolan melulu dengan Touchpad Mouse Toshi ( dari singkatan merek laptopnya), sehingga kursor lari-lari dan pindah sendiri ke kalimat yang diketik. Jelas, timbul banyak kesalahan yang merepotkan. Lantaran ini Windows 7, saya ketak-ketik di Google mencari petunjuk. Di Control Panel tak ada Mouse di kategori Device. Malah pas klak-klik, adanya mouse yang kami tambahkan ke USB.

Untuk sementara, saya install program yang mematikan otomatis Touchpad ini dari sana. Tapi lha kok, kemarin kursornya masih nakal dan lepas kendali? Saya pencet Touchpad tersebut. masih aktif. Sungguh berbahaya.

Ingat punya ingat pengalaman dulu, namanya Synaptic. Yakin sekali. Setelah menjelajah aneka forum, apalagi tipe Toshi ini jenis yang sudah tidak diproduksi lagi, saya ketik keyword, “driver Synaptic Toshiba L735”. Entah apa hubungannya dengan Windows 7, karena tidak ada Driver Settings yang diperlukan. Alhamdulillah, langsung muncul ini.

Setelah install, tampaklah Device Setting Synaptic yang dicari-cari.

synaptic

Klik disable, beres sudah. Maaf ya Touchpad, kamu hanya jadi pajangan.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

PREVIOUS ARTICLE

Leave a Reply

  • (not be published)