Dengan membaca satu bab saja dalam bukti terbit hasil suntingan, saya bisa belajar banyak mengenai selera editor PIC dan selingkung.

Kalimat efektif

Contoh:

Editan saya

Beberapa anak bermain di jalanan, melaju ke sana kemari dengan skuternya. Sebuah angkutan umum dan taksi mencoba berpapasan tanpa menyenggol kaca spion lawan, bergerak dengan kecepatan pengemudi kota yang mahir.

Koreksi

Beberapa anak bermain di jalanan, melaju ke sana kemari dengan skuter. Angkutan umum dan taksi mencoba berpapasan tanpa menyenggol kaca spion lawan, bergerak dengan kecepatan pengemudi kota yang mahir.

 

2. Komposisi yang menunjukkan penekanan

Contoh:

Editan saya

Di sana tidak ada termometer, grafik dan tabel, tangisan tertahan setiap bulannya akibat keputusasaan dari kamar mandi, tidak ada ucapan penghiburan dan berusaha mencoba kembali.

Koreksi

Di sana tidak ada termometer, grafik dan tabel, tangisan tertahan dari kamar mandi setiap bulan akibat keputusasaan, tidak ada ucapan penghiburan dan berusaha mencoba kembali.

 

3. Pemenggalan kalimat panjang

Contoh:

Editan saya

Dan walaupun Ginny terkejut mendengar istilah itu, yang membuatnya merasa kehamilan terdengar seperti bisnis, namun dia memang sudah ingin memiliki anak dan mengakui usulan yang diajukan Harry masuk akal lalu berhenti meminum pilnya.

Koreksi

Walaupun Ginny terkejut mendengar istilah itu, yang membuatnya merasa kehamilan terdengar seperti bisnis, namun dia memang sudah ingin memiliki anak dan mengakui usulan yang diajukan Harry masuk akal. Lalu dia berhenti meminum pilnya.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)