Teks sumbernya ini:

How to Write Reports - Anne Faundez, hal. 11

How to Write Reports (Anne Faundez), hal. 11

Hasil terjemahan saya:

Wawancara

Setelah daftar pertanyaan selesai, temukan orang yang tepat untuk menjawabnya. Bila proyekmu mengenai kehidupan di tahun 1950-an, yang paling cocok diwawancara adalah kakek-nenek dan lansia lainnya. Bila kamu ingin tahu pendapat orang tentang pusat perbelanjaan baru, tanyalah warga yang tinggal di sekitarnya. Tulislah sebanyak mungkin agar kamu dapat menyampaikan karakter narasumber.

 

Menulis wawancara

Bukalah wawancaramu dengan perkenalan, menyebutkan identitas narasumber dan topik wawancara. Susun naskah seperti skrip drama, baris baru berarti ganti pembicara. Usahakan agar seolah-olah narasumber yang berbicara. Tulis kata yang benar-benar dia ucapkan. Jangan lupa mengganti singkatan dengan kata yang lengkap!

 

Terjemahan saya lima tahun lalu:

Mewawancara

 

Setelah menyusun daftar pertanyaan, pikirkanlah orang yang tepat untuk menjawabnya. Jika proyek kalian mengenai kehidupan tahun 1950-an, narasumber paling cocok adalah kakek, nenek, dan orang sebayanya. Bila ingin mengetahui pendapat tentang pusat belanja baru, tanyalah orang di sekitar tempat itu. Catatlah sebanyak mungkin sehingga kalian dapat menyampaikan karakter narasumber.

Menulis hasil wawancara

Mulailah dengan pendahuluan, menyebutkan identitas narasumber dan topik wawancara. Buatlah wawancara tersebut seperti naskah drama, setiap pembicara di garis yang baru. Ciptakan kesan bahwa narasumber berbicara dengan kata-katanya sendiri. Jangan lupa mengganti singkatan dengan kata-kata yang utuh.

Lima tahun waktu yang cukup signifikan untuk introspeksi. Di terjemahan lama, saya paling suka kalimat Ciptakan kesan bahwa narasumber berbicara dengan kata-katanya sendiri.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.