Poster dari sana

Ini kali kedua saya menyaksikan Kevin Spacey menjadi seorang ayah, dan rupanya dia “langganan” menjadi ayah yang tidak biasa.

Ayah seperti apa? Robert Axle, seorang “penemu” yang sohor lewat infomercial televisi dan masuk penjara selama 8 tahun akibat kecelakaan sejumlah pemakai produknya. Kekayaan tinggal kenangan, separuh menjadi ganti rugi para korban sedangkan separuhnya lagi untuk istri yang minta cerai (Virginia Madsen). Sedari awal, Father of Invention menunjukkan keberbedaan dengan film-film sejenis. Contohnya, suami baru Lorraine, Jerry King (Craig Robinson) bersikap baik terhadap Robert dan mengaku salah satu penggemarnya. Saya cekikikan ketika Lorraine mengaku pada putrinya, Claire (Camilla Belle) bahwa ia memperoleh penghargaan emas karena membeli hampir semua copy album dengan uang sendiri.

Sementara itu, tidak mudah bagi Robert memperbaiki hidup dan berusaha memperoleh pekerjaan yang pantas (paling tidak di mata Claire yang memberinya tumpangan satu bulan) dengan imej negatif penipu melekat di nama. Robert tidak pantang menyerah, menemui orang-orang yang pernah ia bantu, antara lain Steve (John Stamos) guna merealisasikan ide. Jalan nyaris buntu ketika seseorang menerima usulan Robert begitu ia memakai nama mantan bosnya, Troy Coanglo.

Apakah ini akan jadi seperti film-film komedi “putus asa” lain dengan kebohongan dan segala siasatnya?

Spoiler Inside SelectShow

Tidak mudah juga berusaha menjadi ayah yang baik dan menyenangkan, sedangkan di rumah Claire, yang menerima Robert hanya Donna. Teman Claire lainnya, Phoebe (Heather Graham) mencemooh Robert terus-terusan. Memang sekadar masalah waktu, Phoebe menjadi akrab dengan Robert.

Spoiler Inside SelectShow

Drama keluarga, dengan percikan komedi satir seperti ini, adalah salah satu genre favorit saya. Saya tersenyum-senyum kala Robert berusaha mendekatkan diri dengan Claire lalu gadis itu memberitahukan beberapa info personal, semisal ukuran pakaian dalam. Sang ayah agak syok dan memintanya berhenti bicara.

Fathers are human, too.

*tertohok*

Ada ucapan lain yang tidak saya ingat persis, kurang-lebih mengenai betapa kerasnya kita sebagai orangtua berupaya menyediakan gadget ini dan itu untuk kebutuhan serta keamanan anak-anak, padahal justru kita harus bisa mendekatkan diri dengan mereka tanpa bantuan peranti apa pun.

Father of Invention layak ditonton para orangtua, terutama yang punya anak gadis sudah dewasa.

Skor: 4/5


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)