wikipedia

Ada keasyikan tersendiri menonton filmnya dulu ketimbang bukunya.

Agaknya Brontë bersaudara identik dengan fiksi romansa yang gelap, menyodorkan karakter utama yang tidak bergelimang kelebihan dan mempunyai masa lalu kelam. Begitulah Jane Eyre, yang sejak kecil dititipkan pada pamannya, Mr. Reed. Apa daya, sang paman berpulang lebih dulu dan Jane Eyre diperlakukan diskriminatif oleh Mrs. Reed yang menganggapnya beban. Karena dianggap berandal, ia dikirim bersekolah di Lowood. Setelah dewasa, ia mendapat pekerjaan sebagai guru pribadi seorang gadis cilik Prancis di Thorndike Hall. Jane dipekerjakan oleh sang pemilik rumah sekaligus wali Adele Varens (nama gadis itu), Mr. Edward Fairfax Rochester.

Seperti masa kanak-kanaknya, Jane Eyre cenderung blakblakan dan memberontak. Ia tidak cantik, meski tetap menarik. Ia gemar menuangkan imajinasi dan apa yang dilihatnya dalam bentuk sketsa. Hobi satu ini tidak dibahas lebih jauh, cerita bergulir ke arah perkembangan hubungan Mr. Rochester dan Jane.

Film ini jauh dari membosankan dan saya bisa menikmati dialog-dialognya yang khas klasik, selain menyerap beberapa percakapan bahasa Prancis antara Jane dan Adele. Pertemuan karakter Jane yang unik dengan Mr. Rochester yang mengaku tidak ganteng tapi eksentrik menambah daya tarik cerita. Sulit bagi saya melupakan sejumlah bagian plotnya sehingga langsung memutuskan untuk membaca bukunya, yang sama mengesankan.

Setelah menonton ini, bertambahlah karakter pria dari karya klasik yang saya sukai selain Mr. Darcy: Mr. Edward Rochester:D

 


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ Jane Eyre (2011) ”

  1. gravatar Linda B Reply
    November 15th, 2011

    Yg lbh mendekati bukunya versi film yg mana mba?

    • gravatar admin rinurbad.com Reply
      November 15th, 2011

      Aku hanya nonton yang ini, Mbak Linda. Jadi nggak bisa membandingkan:)

Leave a Reply

  • (not be published)