dafis2

Ini problem menahun yang cukup mengganggu, apalagi jika kata ‘cuma’ sering muncul di tengah kalimat dan kita juga harus mengetik ‘cuma-cuma’. Kerap kali saya berusaha menghindari kata ini dan menggunakan ‘hanya’, ‘semata’, serta padanan lainnya.

Saya pernah membaca musabab ‘kesalahan otomatis’ ini dalam postingan blog Agung, sayang tidak ingat tautan persisnya dan kesulitan menemukannya setelah mengais-ngais Google sekalipun. Menurut Agung, itu dikarenakan ‘cuma’ dalam bahasa Turki adalah nama hari. Tepatnya Jumat. Saya pun kurang paham mengapa Word yang sudah di-default-kan Inggris atau Indonesia masih menerapkan istilah bahasa lain.

Jalan keluarnya adalah mengakali opsi AutoCorrect yang menetapkan bahwa inisial nama hari akan dikapitalkan. Bila tanda centang ini dibuang, kita akan makin repot sebab Senin, Selasa, dan seterusnya akan berhuruf awal kecil. Saya sudah mencobanya.

Semula saya mencoba langkah-langkah berikut dengan Word 2000.

  1. Klik Tools-> AutoCorrect Options
  2. Klik Tab AutoCorrect dan klik Exceptions.
  3. Klik tab Other Corrections. Muncul Dont Correct:…
  4. Ketik di bawahnya ‘cuma’.
  5. Klik Add, ok.

Apa daya, malah timbul masalah baru. ‘Cuma’ di awal kalimat berinisial kecil, sedangkan yang di tengah dan akhir tetap jadi ‘Cuma’. Akhirnya saya menggunakan Auto Correct saja, setelah menghapus Exceptions yang tadi. Saya masukkan ‘cm’ agar diganti menjadi ‘cuma’. Semoga bisa ingat terus.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ Mengapa ‘cuma’ di Word Otomatis Menjadi ‘Cuma’? ”

    • gravatar admin rinurbad.com Reply
      November 3rd, 2011

      Terima kasih infonya, Mas.

Leave a Reply

  • (not be published)