10152181598510284

Dalam hal ini, ingatan saya terbilang buruk. Apalagi kalau karakternya lebih dari, katakanlah, lima orang/sosok. Buku anak-anak sekalipun tidak menjadikan saya mudah menghafal, terutama jika namanya panjang dan rumit. Contoh, dalam seri Sakasavon, yang saya ingat ya Sakasavon seorang (atau seekor?). Lainnya paling Sophie, anak burung yang ia tolong dan Pierrot, anak kecil yang dibantu beramai-ramai juga. Nama teman-teman Sakasavon, gelap.

Beralih ke buku The Wonderful Wizard of Oz. Yang nempel cuma Oz dan Dorothy, lalu Manusia Kaleng dan Orang-orangan Sawah. Juga Singa Penakut. Nama penyihir wanitanya, nama anjingnya… ngng, siapa ya?

Paling enak kalau nama-namanya pendek, seperti dalam Biro Jodoh Khusus Kaum Elite (Mr. Ali, Mrs. Ali, Rehman, Ramanujam, Aruna) atau Pollyanna ( Pollyanna, Bibi Polly, Nancy, Tom, Jimmy, Mr. Pendleton). Tapi begitu masuk lanjutannya, Pollyanna Grows Up, saya tertukar antara Jimmy dan Jamie yang sangat mirip.

Menghafal nama karakter buku fantasi, seri pula, adalah upaya tersendiri. Stravaganza mencetak rekor tersebut, termasuk nama-nama tempatnya. Untuk City of Masks saja sudah tak terhitung. Mari dicoba: Arianna, Lucien, Vicky, David, Enrico, Silvia, Rodolfo, Alfredo, William Dethridge, Rinaldo di Chimici, Giuliana, Barbara, Paola, Guido Parola, terus… nyerah deh:D


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ Mengingat-ingat Nama Karakter ”

  1. gravatar Nunik Reply
    December 9th, 2011

    Hahahaha … Tapi waktu baca Harry Potter, aku sungguh-sungguh menghafal nama tokoh, tempat, benda, hewan, bahkan mantra-mantra berikut kegunaannya. Sekarang, sih udah banyak yang lupa :)) Dan nggak akan sanggup lagi kalau disuruh menghafal.

    • gravatar admin rinurbad.com Reply
      December 10th, 2011

      Wah, apalagi sampai sejauh itu. Aku lagi baca Harpot Nik, dan otakku benar-benar kusuruh ‘istirahat’. Nggak niat menghafalkannya:D

Leave a Reply

  • (not be published)