Masih menunggu bukti terbit. Sumber cover dari blog ini

Sumber cover

 

Dalam situasi profesional, mendapat kenalan dan relasi baru sudah lazim terjadi. Tapi dapat teman kerja yang harmonis dan kompak itu istimewa.

Setelah 100 Masjid Terindah memperoleh sambutan yang baik, alhamdulillah Mbak Eno dan saya dipercayai menangani editan buku berikutnya. Irama kerja masih seperti dulu, rasanya bagaikan bekerja di majalah yang kadang “mencicil” tulisan atau kali lain “digelontor”. Di sinilah terasa manfaat kamus dan buku pegangan bertema kekristenan, terutama ketika koneksi internet mendadak tiarap atau mogok.

Beberapa gereja di Bandung tercakup dalam liputan yang dibukukan di sini. Di antaranya GPIB Bethel, Kapel Hati Kudus St. Borromeus, dan Katedral St. Petrus. Sebagaimana biasa, bukan hanya data-data bangunan yang terhidang. Ada juga sejarah yang melatarinya. Jelas sangat menambah pengetahuan untuk saya yang hobi mendekam di gua ini. Nama gereja Katolik di Ternate, misalnya, mengingatkan saya pada nama baptis almarhum Rendra.

Pengecekan istilah dan ejaan membutuhkan kecermatan tersendiri. Saya berterima kasih pada beberapa teman atas bantuannya ketika saya bingung akan penyebutan “Yosep” dan “Yusuf”, contohnya.

Proof layout-nya mengasyikkan, terhibur oleh foto-foto menawan dan bentuk arsitektur yang bernapas kedaerahan di beberapa bangunan gereja. Salah satunya seperti di bawah ini:

100gereja

Kocaknya, karena naskah datang tidak berurutan, kami harus menyusun ulang dan berhitung sama-sama. Mencocokkan mana yang sudah dikerjakan dan disetor, dan mana yang belum, ruwet namun jadi tantangan tersendiri:)

Alhamdulillah, seperti 100 Masjid Terindah Indonesia, buku ini juga menjadi koleksi National Library Australia kategori Architecture and Landscape🙂


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)