Sejak empat bulan yang lalu, saya menggunakan monitor tambahan untuk bekerja karena telanjur biasa dengan tampilan layar tinggi dan lebar. Pikir punya pikir, belakangan saya jadi terbiasa menengok ke layar satunya terus (yang besar). Ke kiri paling-paling kalau layar besar goyang karena kabelnya kendur atau ada keperluan lain.

Alangkah enaknya kalau dua layar ini bisa menampilkan aplikasi yang berbeda. Contohnya bila perlu membandingkan terjemahan dengan materi aslinya yang berupa softcopy. Memang ada fitur View Side by Side, tapi hanya berlaku untuk Word dan tidak terlalu membantu.

Di fitur Display, saya utak-atik opsi Extended. Namun setelah mengganti-ganti layar utama pun, aplikasi tetap bertumpuk di salah satunya. Ada petunjuk drag agar aplikasi bisa muncul di layar kedua, tapi sia-sia. Tadinya saya kira resolusi, bahkan saya “mencurigai” merek laptop yang jadi biang keroknya. Tak mungkin kartu VGA dan sebangsanya.

Googling punya googling, ternyata jalan keluarnya adalah fitur spesial Windows 7. Pencet tombol Windows dan panah kanan atau kiri, beres deh:D Memang saya belum akrab betul dengan si jendela tujuh, banyak yang perlu digali.

Akhirnya layar Toshi dan tambahannya semakin bermanfaat. Selain mengatasi jenuh bekerja dan mempermudah perbandingan dokumen tadi, saya juga bisa mengecek tampilan WP yang sering ngadat di beberapa browser sekaligus secara lebih nyaman. Bisa juga “multitasking” dengan nonton film sambil kerja, tapi yang ini sih belum dicoba:)

Catatan 14 Oktober 2015:

Saya sudah berhenti menggunakan monitor ganda karena pusing. Agaknya pemakaian dua monitor ini berperan mengharuskan saya memakai kacamata antiradiasi karena mata lekas pegal. Ditambah lagi, bahu saya sakit karena sering tolah-toleh.


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses to “ Monitor Ganda, Tampilan Beda ”

  1. gravatar lulu Reply
    July 25th, 2013

    Iya sebenernya enak monitor ganda ya. Mempermudah kerja, karena klo satu monitor, satu layar itu harus dibagi2 tampilannya, belum lagi bolak-balik ngecek kamus online. Tapi mejaku mungil banget, bingung klo taruh satu lagi di mana *berpikir keras hehe

    • gravatar Rini Nurul Reply
      July 26th, 2013

      Kalo layar TV flat bisa digantung di dinding, Lul:)

Leave a Reply

  • (not be published)