Dengan segala hormat, saya lebih menyukai nonton Pierce Brosnan sebagai bapak daripada dar-der-dor jadi jagoan di usia senjanya ini.

Sekalipun kematian adalah hal yang pasti terjadi, manusia masih sukar menerima. Kematian tiba-tiba sang putra sulung, Bennett (Aaron Johnson) sangat mengguncang batin Grace Brewer (Susan Sarandon). Peristiwa tragis yang merenggut nyawa Bennett membuat Grace terobsesi duka, berusaha mencari tahu apa yang terjadi, apa yang dialami Bennett di detik-detik terakhir, sehingga dia mengabaikan suaminya, Allen (Pierce Brosnan) dan putra bungsu mereka, Ryan.

Pelajaran: Tenggelam dalam keberkabungan dapat menimbulkan efek beruntun

Allen sulit tidur, karena tiap pagi Grace meratapi kepergian Bennett. Pemuda itu memang baru 18 tahun. Grace memanggil-manggil di malam hari seakan Bennett masih bayi. Dia tak menyadari kelelahan Allen yang berusaha tabah sebagai kepala keluarga dan menjadi tempat bersandar, tidak tergoda

Spoiler Inside SelectShow
. Grace tahu Ryan mengonsumsi narkoba hingga terus memantau urinnya untuk memastikan anak itu baik-baik saja. Namun dia tak sadar Ryan pergi ke grup para remaja yang berkabung. Rata-rata kehilangan kakak dan adik. Di sana Ryan berkenalan dengan Ashley.

Allen mencoba segala upaya, demikian pula Grace yang menggenggam erat kenangan pada Bennett sehingga bolak-balik menjenguk si penabrak yang koma. Ryan kehilangan perhatian, kemudian datanglah Rose (Carey Mulligan) ke rumah mereka. Dia hamil, ibunya berada di panti rehab dan tak bisa diandalkan. Karena amat mencintai Bennett, Rose rela cuti kuliah dan mempertahankan kandungan.

Kehadiran Rose mencerahkan suasana hati Allen. Grace marah, tak terima, bahkan menyalahkan Rose. Di kemudian hari, dia diberitahu bahwa

Spoiler Inside SelectShow

Pelajaran: Jangan pernah menuduh pria tidak bersedih hanya karena dia tak menitikkan air mata

Grup yang didatangi Ryan dan Ashley sangat menarik. Para remaja disarankan bercerita, berbagi, agar beban mereka berkurang. Semakin menggugah tatkala

Spoiler Inside SelectShow
.

Mengapa Grace begitu ngotot dan penasaran? Mengapa Allen sulit merelakan keadaan? The Greatest sangat perlu ditonton para orangtua, para remaja, untuk belajar menanggulangi kehilangan, menghadapi perubahan, memaafkan, dan mengikhlaskan.

Pelajaran: Kadang tanpa sadar orangtua sendirilah yang merenggangkan hubungan akrab kakak-beradik dengan terlalu mengistimewakan salah satunya.

Skor: 5/5


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)