Bagaimana rasanya tidak (bisa) tidur selama satu tahun? Orang-orang berkata pada Trevor Reznik, seorang ahli mesin, “Mengurus sedikit saja, kau lenyap.” Saya tersenyum juga, karena pernah dikomentari sama. Tapi amit-amit deh, kalau sampai satu tahun tidak tidur dan harus mencari-cari kegiatan untuk mengisi sepanjang malam. Rasanya satu malam tidak nyenyak saja pening.

Karena sering berkhayal dan mendengar suara-suara tertentu, Trevor dijauhi teman-teman sekerjanya. Bahkan kala ia tak sengaja menyebabkan kecelakaan sehingga Miller (Michael Ironside) kehilangan tangan. Pria itu tidak menyalahkan Trevor, kendati Trevor sendiri berkeyakinan melihat sosok bernama Ivan yang juga bekerja di sana. Menurut bosnya, tak ada karyawan bernama Ivan di tempat mereka.

Dua orang yang menaruh perhatian dan menjadi teman Trevor adalah Stevie (Jennifer Jason Leigh), seorang wanita penghibur dan Maria, pelayan di kafe langganan Trevor tiap malam. Kesamaan keduanya unik: punya mantan suami. Trevor masih dihantui buntungnya tangan Miller dan mudah panik, sampai suatu kejadian membuatnya dipecat.

Mengapa hanya Trevor yang melihat Ivan? Mengapa dia tidak bisa tidur sekejap pun sedemikian lama?

Spoiler Inside SelectShow

Dan tentu saja poin istimewa lain ialah penghayatan Christian Bale, begitu kurus karena diet keras selama empat bulan sehingga bobotnya berkurang sekitar 27 kilogram. Saya teringat American Psycho, mungkin Bale memang bertalenta khusus memerankan orang “sakit”.

Poster dari sini

Skor: 4,5/5


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)