Jacob Jankowski (Robert Pattinson) terperangah saat di tahun awal masa studi, orangtuanya tewas sekaligus dalam kecelakaan. Mereka meninggalkan utang sehingga rumah harus disita, pinjaman besar guna membiayai pendidikan Jacob. Ia putus kuliah dan bertualang, sembarang melompat masuk sebuah kereta yang ternyata milik rombongan sirkus.

Setelah beberapa lama menjadi “penumpang gelap”, Jacob diperkenalkan dengan pemilik sirkus, August (Christopher Waltz) yang ternyata suami Marlena (Reese Witherspoon), wanita pawang atraksi kuda yang memikat hati Jacob. Kemudian bergulirlah potret kehidupan sirkus yang keras, Jacob yang menggunakan latar belakang sebagai mantan mahasiswa kedokteran hewan, kenyataan bahwa awak sirkus kadang harus dilempar demi menghemat biaya, sindiran dan tamparan untuk Jacob yang lembut hati terhadap binatang karena belum pernah melihat manusia sengsara.

Saya baru satu kali membaca buku tentang sirkus, yakni Sirkus Galliano karya Enid Blyton puluhan tahun lampau. Di sini lebih dirinci, kerja keras Jacob langsung diterjunkan ke urusan kotoran hewan, kemudian memberi makan harimau, dan diuji nuraninya yang dilanda dilema menghadapi Rosie, gajah baru yang dibeli August untuk dilatih sebagai penampil utama dan menurut lelaki itu harus ditundukkan dengan kekerasan.

Menilik sampul buku dan poster filmnya, memang kentara ini kisah romansa. Namun masalah sirkus ini sangat menarik perhatian saya. Karakter favorit saya justru Rosie si gajah, yang kerap dianggap dungu padahal

Spoiler Inside SelectShow

Poster dari flixster

Skor: 3/5


Istri, penggemar thriller psikologis, menulis untuk bersenang-senang.  Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.


Author: Rini Nurul

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

Leave a Reply

  • (not be published)